Jangan Takut Bermimpi Setinggi Langit!



Mungkin sebagian besar dari kalian pernah denger orang yang ngomong begini, “Jangan berekspektasi terlalu tinggi, nanti jatuhnya sakit.” Atau mungkin ada yang pernah denger pepatah begini, “Bagai pungguk merindukan bulan.” Ya… semua kutipan tadi sedikit banyak punya makna yang sama, jangan terlalu ngipi kalau kata iklan di TV.

Sebenarnya, nggak ada yang salah di balik kata mimpi. Semua insan tentu berhak punya mimpi basah. Mungkin maksud mereka baik, supaya kita nggak sakit gitu saat impian atau ekspektasi kita itu melenceng jauh dari kenyataan, kita harus tetep positive thinking kan ya. Tapi honestly, itu secara tidak langsung gak bagus buat kita loh.

Jadi begini, seperti di bilang sebelumnya, mungkin niat mereka baik buat ngingetin kita. Tapi belum tentu niat baik itu berdampak baik buat kita kan? Mereka ingin agar kita nggak merasakan sakit dari kegagalan kita. Dampaknya? Kita lama kelamaan akan punya yang namanya mental cengeng.

Saat kita kecil, tentu kita pernah belajar untuk berjalan, berlari, atau pun naik sepeda. Apakah kita langsung bisa mahir dalam percobaan pertama? Nonsense. Apalagi buat balita yang baru belajar jalan. Pasti pernah lah jatuh-jatuh gitu. Jatuh rasanya gimana sih? Sakit kan? Apa karena rasa sakit itu si balita itu langsung berhenti dan pasrah? Kalau iya, selamanya ia gak akan pernah bisa berjalan.

Seperti kita yang sudah (mulai) dewasa ini. Tentu saat masa sekolah kita pernah mengalami yang namanya gagal. Entah gagal dalam mencapai KKM di suatu mata pelajaran atau pun gagal dalam menggebet cewek/cowok idaman kita. Atau buat kalian yang merupakan seorang karyawan. Datang terlambat, target nggak tercapai, diomelin atasan pasti pernah kalian alami. Buat kalian yang merupakan pengusaha, yang namanya kena tipu, produksi anjlok, juga nggak jauh dari bidang usaha yang kalian geluti. Tapi percayalah, semuanya itu membuat kalian menjadi kuat dan semakin kuat!

Saat pertama kali kita mengalami kegagalan, tentu sakit dan pedih yang kita rasakan. Contoh paling simple nya saat kalian gagal menggaet gebetan dan ditolak mentah-mentah. Bagaimana rasanya? Pedih bin perih ya? #pukpuk. Buat mereka yang takut gagal dan takut sakit, mereka akan berhenti begitu saja sehingga mereka bakalan jadi jomblo seumur hidup. Tapi buat mereka yang gigih, mereka akan terus berusaha. Entah dengan target yang sama atau pun dengan target yang baru. Gue mau kasih lo kata-kata yang bagus…

Tidak ada pertumbuhan di dalam zona nyaman dan tidak ada kenyamanan di dalam pertumbuhan.

Gue gak tau siapa awalnya yang mencetuskan kalimat yang demikian indah itu. Karena gue baca itu pertama kali saat lagi iseng bolak-balik kalender di kantor lama gue. Saat pertama kali gue baca kalimat tersebut, gue langsung terenyuh. Siapa sih yang gak suka dengan zona nyaman? Kebanyakan dari kita pasti lebih suka untuk bertahan di zona nyaman tersebut. Istilah lainnya adalah PeWe alias posisi wenak. Tapi percayalah, kita hanya akan jadi manusia yang begitu-begitu saja.

Saat gue ditawari untuk pindah mengisi pekerjaan yang kebetulan sedang kosong di seksi gue, tanpa ragu gue meng-iya-kan tawaran tersebut walaupun gue belum tau apa yang akan gue alami dan temukan di sana. Padahal pekerjaan gue yang sebelumnya termasuk enak. Gak terlalu sibuk, masih bisa nyantai, dan penghasilan pun sama. Tapi gue berpikir, mau jadi apa gue ntar kalau begini terus? Gak akan ada guna nya buat masa depan gue kelak. So, gue butuh tantangan baru. Saat pertama memang terasa sulit, tapi lama-kelamaan dengan bantuan dari rekan sekitar semuanya akan terasa mudah dan menyenangkan. Saat itu gue berpikir, gue udah keluar dari zona nyaman gue yang sebelumnya. Dan kini gue punya kesibukan baru di setiap harinya. Dan gue seneng bisa dipercaya untuk memegang sendiri suatu pekerjaan.


Sebelum gue tutup artikel ini, gue mau kasih suatu motivasi buat kalian semua. Sekali lagi, jangan pernah takut untuk mencoba. Karena kalau kalian takut, kalian gak akan pernah bisa. Jangan pernah takut keluar dari zona nyaman. Karena kalau kalian takut, kalian gak akan pernah bertumbuh kembang. Yang terakhir, jangan pernah takut untuk bermimpi setinggi langit. Karena walaupun kalian jatuh, kalian masih punya peluang untuk jatuh di puncak Mount Everest atau Burj Khalifa. Semangat!


0 comments :

Copyright © 2014 Simplicity .