Hal-Hal yang berkaitan dengan Perayaan Malam Tahun Baru


Tahun baru emang udah lewat beberapa hari yang lalu. Tapi nggak ada salahnya dong kan ya kalo kita sedikit bahas tentang hal yang berkaitan dengan perayaan malam tahun baru. Bukannya gak bisa move on sih. Biar kuota tulisannya nambah aja #eh. Kalian tuh yang gak bisa move on. Lagian tahun baru masih jomblo aja #eh.

Setiap insan manusia tentunya punya suatu momen berharga dalam hidupnya yang biasanya dirayakan setiap tahun. Entah itu perayaan ulang tahun, anniversary pernikahan, anniversary pacaran, atau pun anniversary jomblo. Selain perayaan-perayaan yang sudah disebutkan barusan, ada satu lagi perayaan yang setiap tahunnya dirayakan dengan amat sangat meriah bin cetar membahana. Apalagi kalau bukan perayaan pergantian tahun atau yang lebih dikenal dengan sebutan tahun baru. Tahun baru sendiri ada berbagai macam judulnya, sebut saja Tahun Baru Masehi, Tahun Baru China (Imlek), atau pun Tahun Baru Islam (1 Muharam). Yang akan kita bahas kali ini adalah peringatan Tahun Baru Masehi. Yang lainnya nyusul ya. Itu pun kalau ingat.

Kita semua tentunya tahu kalau tahun masehi itu terdiri dari dua belas bulan mulai dari Januari sampai dengan Desember. Kalian tentu hafal semua nama bulan dong ya? Apa? Gak hafal? Balik ke SD aja gih sono. Dan kalau kalian pengen tau tentang sejarah penggunaan tahun masehi, mending main aja deh ke situs nya Wikipedia. Dari pada kita nya cuma copy-paste, mending kalian baca langsung dari sumbernya. So, daripada berlama-lama, mending kita langsung bahas. Apa aja sih hal-hal yang berkaitan dengan perayaan malam Tahun Baru (masehi, red.)? Here they are

1. Terompet
Siapa yang gak setuju kalau terompet merupakan ciri khas dari perayaan tahun baru? Gue yakin nggak ada deh. Dari zaman gue masih ingusan sampe se gede ini, yang namanya penjual terompet pasti marak banget di seputaran jalanan menjelang hari pergantian Tahun. Biasanya sih dari awal bulan Desember udah ada aja penjaja terompet di pinggir jalan yang jumlahnya bakal semakin berlipat ganda menjelang perayaan malam tahun baru.
Terompet Handmake. Dulu sering beli nih.
(sumber: vivanews.co.id)
Entah perasaan gue atau kalian juga sama, menurut gue tingkat antusiasme masyarakat untuk membeli terompet sebagai bekal perayaan malam tahun baru semakin merosot dari tahun ke tahun. Gue sering lihat bagaimana terompet-terompet tradisional buatan mereka masih tersisa banyak walau malam pergantian tahun telah berlalu. Apalagi mereka perajin terompet tradisional harus bersaing dengan terompet-terompet impor buatan China yang tentunya lebih murah dan dikemas lebih modern. Terus yang menang siapa? You know who lah…

2. Kembang Api/Mercon
Yang satu ini merupakan equipment perayaan malam tahun baru yang gak boleh ketinggalan. Bagaimana nggak, malam tahun baru tanpa kembang api tuh bagaikan sayur tanpa sayur. Tinggal kuahnya doang. Gak enak kan. Kembang api ini sendiri ada berbagai macam jenis dan harganya. Ada yang cuma sparkle-sparkle doang sampai yang meletusnya kenceng banget. Dari yang harganya seceng (masih ada gak ya?) sampai yang harganya jutaan. Pesta kembang api ditambah kembang api yang disulut oleh banyak orang pada saat menjelang pergantian tahun memang membuat suasana malam menjadi semakin meriah dan semarak. Cuma kalian harus hati-hati ya kalo lagi mainnya. Salah-salah bisa bikin celaka diri sendiri dan orang lain. Kalo mau cari celaka, jangan libatkan orang lain deh. Gak keren.

Kembang api warna-warni selalu identik dengan perayaan malam tahun baru
(sumber: hobi-sihasan.blogspot.com)

3. Minuman Beralkohol
Kalo yang satu ini khusus yang udah cukup umur aja. Kalo peringatan di kemasannya sih, yang boleh minum itu yang berusia 21 tahun ke atas gitu. Sebenarnya minuman beralkohol entah itu bir, arak, wine, vodka atau apapun itu namanya, nggak terlalu esensial untuk merayakan malam pergantian tahun. Cuma kayanya dari tahun ke tahun yang namanya pesta miras pas malam tahun baru pasti ada. Itung-itung teler terakhir di tahun yang akan segera berlalu kali ya.

4. Kondom
Nah, apalagi yang ini nih! Sebenarnya yang satu sama sekali nggak ada hubungan nya dengan perayaan malam tahun baru. Tapi fakta di lapangan berkata lain, setiap menjelang perayaan malam tahun baru, prosentase penjualan kondom di beberapa minimarket senantiasa melonjak tajam! Gak Cuma itu, di beberapa spot perayaan malam tahun baru, saat pagi menjelang, diantara maraknya sampah yang berserakan bakal kalian temukan cukup banyak karet tipis berlendir yang berserakan disana. Yaiks. Ada yang tau gak sih hubungan nya benda ini sama perayaan malam tahun baru?

5. Pacar Baru
Yang satu ini gak salah lagi. Bagi seluruh kaum jomblowan dan jomblowati yang sudah melawati tahun 2013 dengan kejombloan pasti pengen banget yang namanya pacar baru. Yang satu ini gampang gampang sulit buat ngedapetin nya. Kalo kalian emang charming dan tajir sih gampang aja gonta-ganti pacar setiap tahun. Jadi mungkin emang resolusi tahun baru nya adalah ganti pacar baru tiap tahun gitu. Tapi buat kalian yang pas-pasan dari segi muka dan dompet ya siap-siap gigit jari (lagi) aja tahun ini.

Demikian tadi disajikan hal-hal yang berkaitan dengan perayaan malam tahun baru secara singkat, padat, dan nggak jelas. Ada yang punya tambahan? Monggo komentarnya dipersilahkan…

0 comments :

Copyright © 2014 Simplicity .