Serba Serbi Harlem Shake

   
 Harlem Shake? Apaan sih? Saudaranya Milkshake? Atau temennya Shakeera?

     Sebenarnya gue termasuk orang yang masabodo. Mau ada nenek-nenek salto di depan gue juga gue gak akan peduli. Namun berhubung semakin banyak orang yang membicarakannya di berbagai macam Social Media, munculah rasa penasaran gue. Sebagai anak gaul yang males ribet, gue tanya aja fenomena ini ke followers Twitter gue yang jumlahnya bersaing ketat dengan jumlah followersnya Lady Gaga. *ditoyor*. Berbagai jawaban pun muncul seperti dikutip dibawah ini...
Yaa ituu apaan sihh (˙▿˙?) "@nara_killjoy: Harlem Shake apaan sih? -_________________-"
-@PutriAnggaD
Ditanya malah balik nanya :|
Joget ngawur dan berbanyak ! "@nara_killjoy: Harlem Shake apaan sih? -_________________-"
-@Zzanysaa
Oh yaaaa?
Tarian aneh RT @nara_killjoy: Harlem Shake apaan sih? -_________________-
-@Mayvhia
Mirip kamu!
rang pake helm trus joget2 gak karuan naraa... RT @nara_killjoy: Harlem Shake apaan sih? -_________________-
-@MiaRositaa
Absurd -_-
-________________- aku tak mau tau RT @nara_killjoy: Harlem Shake apaan sih? -_________________-
-@wildan_ta
Kamu tak perlu tau :|
Joget2 engga' karuan  (σ`▽´)-σ  RT @nara_killjoy: Harlem Shake apaan sih? -_________________-
-@Febbiemoetz
 Kamu bikin aku gak karuan :3

     Oke... Dari berbagai jawaban di atas gue belum mencapai titik kepuasan gue. Asal lu tau aja, gue termasuk orang yang perfeksionis dan sulit untuk puas. Pernah nih gue bolak balik ke kost-an gue untuk mastiin apa lampu udah dimatiin, keran air udah dimatiin, atau pintu udah dikunci atau belum. Perfeksionis apa pelupa bang? Beda tipis!

     Gue pun berusaha mencari jawaban yang lebih pasti ke orang pinter. Dukun bang? Bukan! Dukun beranak? *keplak*. Tak lain dan tak bukan orang pinter yang dimaksud adalah Abah Google. Si abah ini emang serba tahu deh. Sekali klik dalam sedetik, wuuzzz... Langsung banyak artikel yang berhubungan dengan Harlem Shake tadi. 
Hasil search Harlem Shake di halaman Google.
     Setelah gue tonton beberapa video Harlem Shake di YouTube, ternyata sebagian besar jawaban dari followers gue tadi ada benernya juga. Harlem Shake menurut ane adalah tarian yang aneh, absurd, gak jelas, berantakan, dan lumayan asik juga! Tapi, sebenernya Harlem Shake itu apa sih? Siapa bapak dan emaknya? Bagaimana dia bisa muncul ke permukaan? Yuk kita simak ulasan dari berbagai sumber berikut...

Asal-Usul
     Harlem adalah nama sebuah tempat di New York. Adalah Harrison Bauer Rodrigues atau lebih dikenal dengan Baauer yang semakin mempopulerkan tarian ini. Baauer adalah seorang produser berkebangsaan Amerika yang memproduseri Trap and Bass Music. Instrumen Harlem Shake sudah ia buat sejak tahun 2012 silam, namun di awal bulan Februari 2013 mulai bermunculan video musik Harlem Shake yang diawali dengan sesorang yang mengenakan topeng yang mulai menari di tengah kerumunan orang banyak yang kemudian diikuti oleh orang sekitarnya itu. Semakin keras dentuman musik, lama kelamaan semakin gila pula aksi tarian yang mereka lakukan.

     Baauer sendiri telah mengupload video Harlem Shake ke YouTube pada tanggal 23 Agustus 2012. Pada tanggal 31 Januari 2013, Filthy_Frank mengupload ke YouTube sebuah video dimana ada empat orang yang mengenakan pakaian dari bahan latex yang menari sambil diiringi musik Harlem Shake milik Baauer.
     Harlem Shake adalah tarian yang melibatkan putaran bahu. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1981 oleh penduduk Harlem, New York, bernama Al Bm. Tarian ini awalnya disebut sebagai 'albee' sesuai dengan nama penggagasnya. Namun karena tarian ini semakin populer sampai keluar wilayah Harlem, tarian ini pun mulai dikenal sebagai Harlem Shake.

Penyebaran
     Pada tanggal 2 Februari 2013, beberapa video parodi dari DizastaMusic diunggah oleh youtubers TheSunnyCoastSkate dan PHL_On_NAN. Dalam waktu kurang dari 24 jam video ini mendapatkan 300.000 views dan kemudian mulai muncul video parodi yang dibuat oleh youtubers lain.

     Pada tanggal 7 Februari 2013, youtuber lainnya, hiimrawn mengupload sebuah versi berjudul "Harlem Shake v3 (office edition)" yang menampilan beberapa staff dari sebuah perusahaan studio pembuat video online. Video ini menyebar cepat seperti virus dan mendapatkan 7.4 juta views di pekan pertama. Tak ayal video ini menginspirasi beberapa perusahaan internet terkemuka seperti BuzzFeed, CollegeHumor, Vimeo dan juga Facebook serta masih banyak lainnya untuk membuat Harlem Shake versi mereka sendiri.


     Sepanjang minggu kedua bulan Februari 2013, lebih dari 4.000 video Harlem Shake yang diupload ke YouTube setiap harinya, menurut laporan tren resmi YouTube. Pada tanggal 13 Februari 2013, sekitar 12.000 lebih video Harlem shake telah diposting dan memperoleh lebih dari 44 juta views.
Lonjakan jumlah video Harlem Shake yang diunggah

     Nah, gimana sob? Udah jelas kan asal-usul Harlem Shake tadi sampai proses penyebarannya? Berniat bikin versi lain dari Harlem Shake? Atau dari kalian ada yang udah bikin? Share di comment box ya!

Sumber: knowyourmeme.com

5 komentar :

  1. wkwkwkwkwkkk,,,, pertama kali kuliat video harlem shake,, mereka kyak orang b*gok (O_O)v
    tpi lama" ya lucu juga sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah buat versinya gan? :D

      Hapus
    2. udah gan, tpi dalam versi kartun,, temen" ane jadiin korban editan :D

      Hapus
  2. Wakakakakakakakakakak... kirain harlem shake bisa diminum --"

    BalasHapus

Copyright © 2014 Simplicity .