Fenomena Ngantuk di Kalangan Para Pencari Pahala


    
 Welcome 2013!
    
    Telat banget memang kalo gue ngucapinnya gini hari. Secara ini udah penghujung bulan Februari. Kemana aja lu? Yah.. bisa dibilang kalo gue rada sedikit sibuk mengisi waktu gue sebagai seorang pengangguran. Eh, lu pengangguran? Ya.. Tapi cuma sementara... Ya sudahlah.. Lama kelamaan gue malah kaya mau curhat aja...

     Sebagai umat beragama yang baik dan berhubung gue Katolik, setiap Minggu gue selalu ke Gereja. Walaupun masih suka telat juga sih. Dan gue yakin pembaca blog gue juga merupakan kaum taat beragama dan rajin melakukan ibadah sesuai dengan keyakinan dan agama mereka masing-masing. Supaya dapat tiket masuk ke Surga gitu...

     Gue yakin, setiap upacara agama kalian masing-masing, entah itu Misa untuk yang beragama Nasrani, Sholat Jumat untuk saudara Muslim, ataupun umat yang lainnya pasti ada satu ritual atau bagian yang namanya Kotbah! Apapun itu namanya dan kapanpun saatnya... Di Agama Katolik itu disebut Homili dan saatnya di tengah-tengah ibadah. Ada temen gue yang bilang kalau Kotbah itu adalah obat yang bagus buat molor. Apa? Iya, MOLOR!  Molor Ijo? Itu Kolor, somplak!

     Yang gue heran, kenapa yang namanya Kotbah itu datangnya di saat-saat yang tepat banget buat molor. Misalnya bagi kami Umat Nasrani. Misa di Gereja kan setiap Hari Minggu pagi tuh. Nah, sebelum Hari Minggu itu namanya Hari Sabtu. Nah, yang namanya Hari Sabtu itu udah pasti Malam Minggu! Terus? Bagi yang punya pasangan kan biasanya pasti pada suka ngapel sampai larut malam tuh... (entah berapa bungkus kondom yang habis, Hihihi... Ups, bercanda bro...). Kaum jomblowan dan jomblowati pun gak mungkin kan pas Malam Minggu cuma baringan di kasur? Pasti ada aja kegiatannya... Misalnya yang laki nonton bola sampai subuh.. (bola itu Laki!), yang perempuan biasanya nonton Film yang bikin mewek mewek sampai larut malam juga... (kalau salah maaf ye.. Gue belum pernah jadi cewek soalnya...). Alhasil? Sudah barang pasti pas paginya kita bangun dengan berkantuk-kantuk ria... Ohhh...
     
    Contoh lainnya nih buat cowok-cowok kece yang Sholat Jumat di Hari Jumat. (yaiyalah Sholat Jumat di Hari Jumat!). Sepengetahuan gue, Sholat Jumat itu dimulai sekitar pukul 12.00 siang. (ane tinggal di Bali, Waktu Indonesia Tengah, bro..). Karena itu udah masuk jam makan siang, udah barang tentu sebelum ibadah yang sangat indah itu mereka mengisi perutnya... Hasilnya? Pasti Ngantuk!

     Jadi, sebelum ibadah mulai pun kita sudah dalam kondisi ngantuk yang teramat sangat. Ditambah lagi dengan Kotbah yang (pada umumnya).... Membosankan. Dalam hitungan satu.. dua.. tiga... Tertidurlah kita. Minimal setengah merem lah... Aih! Niat ibadah kok malah molor...

     Nah... Ternyata isu mengenai terngantuk-ngantuknya umat saat Kotbah itu sampai juga ke telinga Pendeta gue. Dan dia pun mendapatkan solusi untuk mencegah umat tertidur pulas saat Kotbah. Apa saja yang bisa dijadikan jamu sehingga umat tidak molor saat ibadah?

1. Tema
Yang namanya Kotbah, pidato, ceramah atau apapun nama dan sebutannya, sudah semestinya mengambi tema yang sedang in saat ini. Usahakan tema yang kita pilih itu menarik dan benar-benar fresh. Karena kalau basi ya nggak enak dimakan. Ya toh?

2. Gaya Bicara
Nah, Yang satu ini juga gak kalah pentingnya, kenapa? Gini nih... Kalau temanya sudah klop tapi pembawaannya menye-menye ya sama aja kaya kita mau makan sup ayam tapi sendoknya gak ada. Gak bakal nyampe pesannya ke pendengar gitu...

3. Selingan
Yang ini juga gak bisa dianggap remeh... Apapun yang kita lakukan terus menerus bakal terasa bosan dan garing kan? Kalau bisa isi deh sama selingan. Entah situ mau nyanyi (kalau lu yakin suara lu bagus aja ye..), Gangnam Style (gila ini mah..), atau yang paling simple, lu selipkan satu dua anecdote di Kotbah/Pidato/Ceramah lu... Biar seger gitu...

     Jadi sebenarnya tujuan postingan lu apa, Nar? Iya jugak ya.. kita kan sebagai kaum yang terzolimi oleh Kotbah yang bikin ngantuk ya? Ya siapa tau aja suatu hari nanti lu jadi orang penting yang dituntut untuk banyak bicara di muka umum.. Syukur-syukur deh kalau lu bisa jadi pemuka agama. Amin...

     So, nikmatin aja dulu tulisan ane ini... Kapan-kapan deh gue buat postingan untuk mencegah ngantuk saat dengerin Kotbah/pidato/ceramah. Ada masukan lain? Silahkan gabung di comment box. :)

     Cheers!

3 komentar :

  1. Kalo sempat kunjungi blog saya juga gan,, widiagma.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Sedikit masukan gan,, sebelum Sholat Jumat diusahakan makan dulu,, biar punya energi setelah melakukan aktivitas di pagi hari (kerja, sekolah, dll), jadi gak ngantuk lagi.. Dan juga sebelum Jumatan itu wudhu dulu,, n kalo wudhunya bener",, Insyaallah pasti segar n rasa ngantukpun hilang... Hehe

    Btw,, postingannya bagus gan,, judulnya menarik :D
    Lanjutkan gan :D (y)

    BalasHapus
  3. Thanks masukannya masbro (y)
    tapi banyak temen ane yg emang ngantuk kalo udh bagian Kotbah gan :D

    BalasHapus

Copyright © 2014 Simplicity .